Perbedaan Investasi Saham dan Trading Saham

Perbedaan Investasi Saham dan Trading Saham
Daftar Isi Artikel Buka

Indogamein.com – Invetasi dan juga trading adalah merupakan metode keuangan untuk menambah kekayaan dengan jangka waktu membeli dan menyimpan sebuah portfolio atau kumpulan aset.

Meski keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan, ternyata investasi saham berbeda dengan trading saham. Pokok perbedaan diantara keduanya adalah jangka waktu. Dimana pada investasi lebih fokusnya adalah waktu dengan tempo jangka panjang, sedangkan trading adalah transaksi jangka pendek.

Dengan demikian, hal ini akan membentuk perbedaan pada strategi, prinsip serta tindakannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, telah ada pembahasan untuk masing-masing aktivitas finansial tersebut.

Investasi sendiri di definisikan sebgai tindakan akumlasi suatu betuk aset dengan suatu harapan untuk mendapatkan keuntungan pada masa depan. Dengan kata lain, pada pasar saham, investasi dapat juga diartikan sebagai kegiatan membeli saham dankemudian disimpan dan dijual kembali nantinya.

Investor tidak terlalu perduli dengan turunnya harga saham dengan ekspektasi bahwa harga akan kembali naik nantinya.

Investor juga dapat dibagi menjadi investor institusi (perbankan, perusahaan asuransi dan lainnya) dan investor retail (ivestor perusahaan asuransi perorangan). Salah satu investor terkenal adalah warren buffet.

Strategi

Sebab jangka waktunya panjang, investor akan sangat memperhatikan dengan seksama faktor-faktor yang dapat memengaruhi saham tersebut. Mereka tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi harga.

Biasanya, yang dibeli adalah saham emiten yang sehat dan kualitas kerja yang baik dengan fundamental yang kokoh. Mereka fokus membeli saham pada kesehatan perusahaan.

Instrumen investasi yang biasa dipilih oleh investor adalah jenis investasi jangka panjang seperti properti, industri (besar dan kecil) atau dapat juga berupa saham. Selain daripada itu, aset yang akan bertambah, investor, investor juga mengambil keuntungan dari pembagian dividen secara berkala.

Baca juga :

Prinsip

Buy dan juga Hold alaha prinsip dasar dari seorang investor. Mereka akan menyiapkan investasi dengan jangka waktu lebih dari satu tahun. Mereka hanya akan melepaskan sahamnya saat tujuan mereka telah terpenuhi atau kualitas emiten mulai memburuk.

Biasanya jenis investasi ini dipilih oleh investor yang memiliki likuiditas rendah. Mereka biasanya menggunakan analisis fundamental seperti price-earnings ratio dan ramalan manajement untuk membantu identifikasi kenerja perusahaan.

You May Also Like

About the Author: IndoGame

Admin indogamein adalah pecinta game online. Pada blog ini sering membagikan kode redeem terbaru untuk beberapa game. Saat ini saya aktif berman game PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, Genshin Impact dan League of Legends Wild Rift. Tetap kunjungi indogamein.com agar tetap mendapatkan informasi terbaru seputar game yang populer di Indonesia. Blog ini dalam proses pengembangan yang akan menjadi blog paus suatu saat nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *